Skip to main content

Weekly Meeting 4 Sprint 1 - Membuat Menu Lupa Password Dengan CI

Minggu ini, Saya membuat menu Lupa Password. Karena menu Login dan Lupa Password merupakan tugas saya dalam Sprint 1 ini. Dalam membuat menu Lupa Password harus memiliki cara bagaimana user atau admin melakukan activation terlebih dahulu terhadap akunnya melalui email yang terdaftar dalam akun tersebut, agar ketika menu Lupa Password dijalankan, Sistem dapat melihat atau mengecek apakah user tersebut sudah aktif atau belum dan terdaftar atau tidak di database. Jika akun terdaftar dan aktif maka menu Lupa Password dapat mengirimkan link change password dalam email dari akun yang sudah terdaftar dan aktif. 

Sebelum Sistem mengirimkan link token change password, saya harus membuat fungsi User Activation terlebih dahulu dengan mengirim email menggunakan fungsi sendemail ke akun user atau admin yang terdaftar dan sudah melakukan registrasi. Berikut fungsi yang saya buat :




Kemudian saya lakukan test dengan mengirimkan ke email yang sudah terdaftar dan berikut bukti bahwa fungsi berjalan dengan baik dan dapat terkirim ke email tersebut :



Terdapat kendala yang saya alami ketika membuat fungsi sendemail tersebut, dalam beberapa kali test, sistem tidak bisa mengirimkan email ke email yang tuju karena smtp_port yang dimiliki google, dan akhirnya saya melihat beberapa refrensi terkait error yang saya alami, saya menambahkan $this->email->initialize($config); pada baris code setelah code memanggil library email CI. Akhirnya sistem dapat berjalan dengan baik.

Rencana selanjutnya saya akan membuat fungsi Lupa Passwordnya setelah berhasil melakukan sendemail ke email akun tersebut, dengan mengirimkan sebuah token yang nantinya dapat melakukan change password.

Comments

Popular posts from this blog

Sprint 2 Weekly Meeting 2 (03/01/2020)

Jum'at, 03 Januari 2020 Lokasi Meeting, Online 13.00 - 14.00 Peserta: Anastasya Auliya Dheannnisa Ramadhani P Galih Adiguna M. Ichsan Prayoga Nugraha Purnama Aji Pembahasan: Pada pembahasan minggu ini kami memperbaiki database untuk sistem. Kami menambahkan data master untuk barang. Hal ini tujuannya untuk mempermudah pengambilan data. Karena selama ini database yang kami gunakan masih belum satu pemikiran jadi untuk mengisi data untuk testing banyak ketidaksamaan sehingga banyak anomali pada database. Kami mendiskusikan untuk saling membantu, dalam pembuatan form, karena pada sistem kami rata rata bermasalah dengan form tiap tiap modul. Follow Up: Kami mematang sistem  untuk admin, sehingga kami memperbaiki kesalahan kesalah minor terlebih dahulu. Dokumentasi Meeting:

Weekly Meeting 4 Sprint 2 - Testing keseluruhan dan mencoba menarik no laporan

Bismillah, pada minggu ini yang saya kerjakan bersama tim yaitu testing sistem ini secara keseluruhan. Kami menemukan adanya fitur yang masih bisa disempurnakan lagi, guna memudahkan pengguna. Seperti nomor laporan pada modal pengambilan langsung mengambil no laporan yang di klik atau diambil. Namun saya, ichsan dan aji belum menemukan solusi dari penyempurnaan fitur tersebut. Sistem ini secara keseluruhan sudah bisa digunakan. Namun itu saja yang kurang, pada modal pengambilan, pengguna harus memilih no laporan secara manual melalui dropdown

Weekly Meeting 2 Sprint 2 - Membuat Drop-down untuk No Laporan pada Form Pengambilan

Minggu ini tugas yang saya kerjakan adalah membuat drop-down untuk no laporan pada form pengambilan barang. Drop-down ini mengambil data dari database untuk ditampilkan padaa list drop-down. Namun kendala yang saya alami adalah data dari database tidak dapat diambil/ditampilkan. Untuk sementara saya belum menemukan penyebab data tersebut tidak terambil. Code yang saya kerjakan: 1. Model Saya mengambil no laporan dari tabel temuan, sebab laporan yang bisa masuk kedalam pengambilan adalah laporan yang sudah berada ditemuan. 2. Controller Pada model saya letakan code untuk mengambil data drop-down pada fungsi add_action(). Idenya, agar no laporan dapat dimasukan saat fungsi add_action() dijalankan.  3. View Pada view, saya memanggil no_laporan yang merupakan hasil dari data yang sudah di get. namun permasalahannya, data tersebut tidak menampilkan apapun terlihat seperti tampilan berikut, Hasil dari code yang saya kerjakan: Referensi yang saya gunak...